Kemenkominfo ungkap belum ada kandidat penuhi kriteria Dirut BAKTI

Jakarta (RUMAH BICARA) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengungkapkan belum ada kandidat yang memenuhi kriteria untuk mengisi jabatan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) usai seleksi terbuka dilangsungkan sejak 11 April 2023.

Hal itu terungkap setelah 12 kandidat yang mendaftarkan diri untuk posisi tersebut menjalani asesmen profil perilaku dan kompetensi dan hasilnya menyatakan tidak ada yang lulus.

“Kita mengadakan seleksi untuk calon Dirut ini melalui satu lembaga asesmen center dari Universitas Indonesia, dan sudah lewat separuh perjalanan. Ketika sudah mengerucut ini dinilai ternyata tidak ada yang lulus untuk jabatan Dirut, sehingga tidak ada yang bisa diwawancarai lebih lanjut,” kata Pelaksana Tugas Menteri Komunikasi dan Informatika (Plt. Menkominfo) Mahfud MD di Media Center Kemenkominfo, Jakarta Pusat, Jumat.

Baca juga: Dukung BBWI dan Pariwisata Lampung, Kemkominfo Ajak Optimalisasi Lewat Media Sosial

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kemenkominfo Hary Budiarto menyampaikan adapun pada tahap awal Kemenkominfo sebenarnya menerima 23 pendaftar untuk seleksi terbuka tersebut.

Namun pada tahap seleksi administrasi, didapatkan hasil 15 orang yang lolos dari tahapan itu.

Selanjutnya, 15 orang tersebut kemudian diwajibkan menulis makalah dan pada tahapan ini kembali dilakukan penyaringan yang mengerucut pada hasil 12 orang.

Lalu akhirnya 12 orang terpilih diwajibkan untuk mengikuti asesmen profil perilaku, kompetensi manajerial, serta kompetensi sosial kultural bersama tim dari Universitas Indonesia.

Namun dari asesmen tersebut ternyata hasilnya seluruh peserta tersebut dinyatakan tidak lulus.

Baca juga: Mahfud MD pastikan pembangunan infrastruktur komunikasi tetap lancar

“Berdasarkan hasil penilaian tahap asesmen, pada pengisian jabatan Direktur Utama BAKTI maka panitia seleksi memutuskan bahwa 12 peserta yang mengikuti tahapan seleksi asesmen ini tidak ada yang memenuhi kompetensi yang telah ditentukan,” ujar Hary.

Maka dari itu, Kemenkominfo akan menyiapkan seleksi terbuka kembali untuk mengisi jabatan Direktur Utama BAKTI dalam waktu dekat ini.

Posisi Direktur Utama BAKTI perlu segera diisi agar pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia khususnya wilayah 3T bisa lebih lancar berjalan.

“Kita lagi buat pedomannya yang harus ditandatangani Pak Mahfud habis itu segera kita umumkan. Semoga hari Senin sudah bisa (untuk seleksi terbuka),” harap¬†Hary.

Baca juga: Mahfud MD undang BPKP untuk bantu awasi proyek di Kemenkominfo

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
COPYRIGHT © RUMAH BICARA 2023

Dikutip dari : www.antaranews.com

Tinggalkan komentar