Dunia  

Presiden Ukraina Zelenskyy akan hadiri langsung KTT G7 di Jepang

2023 05 19T041218Z 854936385 RC2811AO5LME RTRMADP 3 G7 SUMMIT
Tokyo (RUMAH BICARA) – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akan secara langsung menghadiri konferensi tingkat tinggi Kelompok Tujuh (KTT G7) pada Minggu (21/5) dan akan bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, kata kementerian luar negeri Jepang, Sabtu.

Zelenskyy akan berpartisipasi dalam sebuah sesi yang membahas perdamaian dan keamanan dengan para pemimpin G7, menurut kementerian itu.

Presiden Ukraina itu dijadwalkan tiba di Hiroshima, Jepang pada Sabtu, dan diperkirakan akan melakukan serangkaian pertemuan bilateral dengan para perwakilan negara yang hadir pada KTT G7 tersebut.

Sementara itu, Penasihat Keamanan Nasional Amerika Serikat Jake Sullivan pada Sabtu mengatakan bahwa AS tidak akan menerbangkan Presiden Zelenskyy ke Jepang.

Namun demikian, Sullivan mengakui ada kemungkinan bahwa Presiden AS Joe Biden akan bertemu dengan pemimpin Ukraina itu di Jepang.

Sullivan mengatakan kepada para wartawan bahwa Biden pada Jumat (19/5) mengabsahkan pelatihan bagi pasukan Ukraina untuk menerbangkan jet tempur F-16 serta pesawat-pesawat lainnya.

Baca juga: G7 akan batasi akses Rusia ke sistem keuangan global

Sullivan menambahkan bahwa bantuan persenjataan bagi Ukraina berubah, karena konflik juga mengalami perubahan.

“Sementara pelatihan berkembang dalam beberapa bulan mendatang, kami akan bekerja sama dengan para sekutu untuk menentukan kapan pesawat-pesawat itu akan dikirimkan, siapa yang akan melakukannya, dan berapa banyak,” katanya.

Para pemimpin negara anggota G7, yang terdiri dari Jepang, Amerika Serikat, Jerman, Prancis, Inggris, Italia, dan Kanada, sedang melakukan pertemuan di Hiroshima.

Pertemuan yang berlangsung selama tiga hari itu menyoroti hubungan mereka dengan China serta kepentingan mendesak untuk mengakhiri konflik Rusia dan Ukraina.

Sumber: Reuters

Baca juga: Jepang, Prancis sepakati kerja sama erat untuk isu terkait China

Baca juga: Imbangi China, Jepang dan Inggris tingkatkan kerja sama keamanan

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
COPYRIGHT © RUMAH BICARA 2023

Dikutip dari : www.antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *