OIKN siap bangun “solar farm” di IKN Nusantara pada tahun 2024

Yang pasti pada tahun depan kita akan membangun solar farm

Jakarta (RUMAH BICARA) – Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) siap membangun fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau solar farm di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada tahun 2024.

“Yang pasti pada tahun depan kita akan membangun solar farm,” ujar Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi dalam seminar daring Pengembangan Ibu Kota Nusantara Sebagai Kota Tangguh, Net Zero dan Ekonomi Sirkuler yang diikuti di Jakarta, Jumat.

Baca juga: OIKN mencatat sebanyak 17 negara minati investasi di IKN per 7 Mei

Ali menambahkan, solar farm ini siap dibangun di area kawasan IKN 3 dengan daya minimum 50 MW.

Kemudian untuk bangunan gedung, di mana gedung-gedung yang dibangun oleh Kementerian PUPR di IKN nantinya dipasang solar roof.

OIKN juga sedang menjajaki dengan mitra-mitra luar untuk membangun solar roof di kawasan hunian pekerja konstruksi.

“IKN akan menjadi benchmark bagaimana transformasi bekerja dan membangun dilakukan di Indonesia. Harapan ke depannya begitu,” kata Ali.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR RI Subardi mengungkapkan proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan era baru pembangunan Indonesia.

Subardi mengajak seluruh pihak turut mendukung pembangunan IKN sebagai era baru bagi bangsa Indonesia.

Pemindahan IKN dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur bertujuan untuk keseimbangan pembangunan. Kehadiran IKN akan memangkas kesenjangan pembangunan antar wilayah di Indonesia.

Konsep Future Smart Forest City atau kota pintar hijau masa depan akan menjadikan IKN sebagai simbol baru Indonesia sebagai negara yang kaya sumber daya alam, ramah lingkungan, penggunaan energi hijau, dan tata kota yang modern.

Dengan perpindahan ibu kota, Indonesia akan mengikuti jejak negara modern, seperti Amerika Serikat, Rusia, Australia, Turki, dan negara-negara lainnya.

Negara tersebut berhasil memindahkan ibu kota yang hingga kini memiliki ibu kota terpisah, kota pusat bisnis dan kota pusat pemerintahan. Pembagian pusat pemerintahan dan pusat bisnis telah membawa negara tersebut semakin maju.

Baca juga: OIKN dan investor Dubai teken NDA bagi sektor penanganan limbah di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © RUMAH BICARA 2023

Dikutip dari : www.antaranews.com

Tinggalkan komentar